Senin, 28 Juni 2010

imk

Interaksi manusia dan komputer (bahasa Inggris: human–computer interaction, HCI) adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dankomputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.
Beberapa aspek yang menjadi fokus dalam perancangan sebuah antarmuka adalah :
1. Metodologi dan proses yang digunakan dalam perancangan sebuah antarmuka.
2. Metode implementasi antarmuka.
3. Metode evaluasi dan perbandingan antarmuka.
4. Pengembangan antarmuka baru.

Ergonomika atau (kurang tepat) ergonomi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara manusia dengan elemen-elemen lain dalam suatu sistem, serta profesi yang mempraktekkanteori, prinsip, data, dan metode dalam perancangan untuk mengoptimalkan sistem agar sesuai dengan kebutuhan, kelemahan, dan keterampilan manusia.
Ergonomi berasal dari dua kata bahasa Yunani: ergon dan nomos: ergon berarti kerja, dan nomos berarti aturan, kaidah, atau prinsip. Pendapat lain diungkapkan oleh Sutalaksana (1979): ergonomi adalah ilmu atau kaidah yang mempelajari manusia sebagai komponen dari suatu sistem kerja mencakup karakteristik fisik maupun nirfisik, keterbatasan manusia, dan kemampuannya dalam rangka merancang suatu sistem yang efektif, aman, sehat, nyaman, dan efisien................( untuk menambah nilai perlu ditambahkan lagi )

Window, Icon, Menu, Pointer
desain grafis, linguistik, psikologi, ilmu filosofi, ilmu matematika, ilmu sosiologi




Sistem informasi adalah kumpulan antara sub‐sub sistem yang salaing berhubungan yang membentuk suatu komponen yang didalamnya mencakup input‐proses‐output yang berhubungan dengan pengolaan informasi (data yang telah dioleh sehingga lebih berguna bagi user).

Sistem informasi adalah sekumpulan komponen pembentuk sistem yang mempunyai keterkaitan antara satu komponen dengan komponen lainnya yang bertujuan menghasilkan suatu informasi dalam suatu bidang tertentu. Dalam sistem informasi diperlukannya klasifikasi alur informasi, hal ini disebabkan keanekaragaman kebutuhan akan suatu informasi oleh pengguna informasi. Kriteria dari sistem informasi antara lain, fleksibel, efektif dan efisien.



1. Teknik elektronika dan ilmu computer sama dengan memberikan perangkat kerja untuk dapat merancang system.
2. Psikologi sama dengan memahami sifat dan kebiasaan, persepsi dan pegolahan kognifit, keterampilan motorik pengguna.
3. Perancangan grafis dan tipografi sama dengan sebuah gambar dan bermakna sama dengan seribu kata. Gambar dapat digunakan sebagai sarana dialog cukup efektif antara manusia dan computer.
4. Ergonomic sama dengan berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman. Missal : bentuk meja dan kursi, layar tampilan, bentuk keryboard, posisi duduk
5. Antropologi adalah ilmu yang membahas tentang lapisan masyarakat, laipisan kebudayaan dan system pemerintahan disuatu zaman serta pandangan tentang cara kerja kelompok yang masing2 anggotanya dapat memberikan kontribusi sesuai dengan bidangnya.
6. Linguistic adalah ilmu yang mempelajari tentang ketatabahasaan untuk melakukan dialog di perlukan sarana komunikasi yang memadai berupa suatu, bahasa khusus. Missal : bahasa grafis, bahasa alami,
7. Sosiologi adalah study tentang pengaruh system manusia dan computer dalam struktur social. Missal adanya phk karena adanya otamasisasi kantor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar