Rabu, 19 Januari 2011

MK_E-BUSSINESS

Visi dan Prospek Membangun e-Business
Membangun sistem e-Business buka hanya mengkomputerisasi SI bisnis yang kemudian dihubungkan ke Internet. Jika pemahaman itu yang menjadi landasan dalam membangun sistem e-Business, maka niscaya sistem itu sulit untuk bertahan.
1.Adanya keinginan yang kuat dan konsisten untuk membangun hubungan langsung dengan konsumen.
2.Pembangunan Jaringan Komunitas
3.perluasan pasar
4.Masuk era persaingan global

Tahap-Tahap pembentukan Sistem e-Business
1.Mendayagunakan komputer personal, jaringan komputer dan Internet seoptimal mungkin
2.Membangun halaman web untuk jalinan komunikasi antara perusahaan dengan konsumen secara efektif dan fleksibel
3.Membangun SI e-Business yang efektif
4.Mengembangkan SI yang bersifat inter platform

Kegagalan si e-business
Faktor-faktor penyebab kegagalan
1.Sering orang memandang SI e-Business adalah paling utama dan penting, sementara melupakan komitmen dan konsistensi terhadap materi informasi, produk dan respon layanan kepada konsumen
2.Antar-muka SI e-Business sering kurang interaktif, kurang komunikatif dan kurang mudah digunakan oleh konsumen, karena antar muka sering dibangun berdasarkan selera pembuatnya
3.Perubahan cara pandang, pola berbisnis, dan sistim dari tradisonal dan lokal menjadi moderen dan global; perusahaan dan pebisnis membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.


KEbutuhan SISTEM E_BIZNIS
- Efisien dan efektif
- Trend masa depan
- integrated dengan sistem lain
- KEamanan data
- interaktif

E_BUSINES DAN BISNIS
bukan :
Bukan....
hanya meletakkan sebuah halaman web atau hanya web yang memungkinkan aplikasi yang telah ada.
E-BIz :
Menggunakan teknologi untuk....
redefine bisnis, memaksimalkan nilai pelanggan, memungkinkan bisnis dengan cara baru
mengubah lanskap kompetitif, saluran distribusidampak pasang pasar, memperluas jangkauan pasar meningkatkan kecepatan bisnis, menyederhanakan interaksi, meningkatkan harapan pelanggan membuat dan membunuh perusahaan


PERSYARATAN BARU PADA E-BUSSINESS
Bisnis : Flexsibel, responsif, cepat berfokus pada pelanggan, inventif, inovatif, kolaboratif, self-service, global.
SISTEM : mudah digunakan, terintegrasi,handal, kokoh, responsif, fleksibel, mudah maintable, akurat, terukur, global, aman.

Perubahan pola dari sistem tradisonal menuju e-Business
1.Pola Belanja
2.Pola pemilihan barang
3.Pola transaksi
4.Pola konsumsi
5.Pola perolehan produk
6.Pola pembayaran
7.Pola komunikasi antara penjual dan pembeli

Konsumen e-busines memiliki sikap-sikap
1.Kritis terhadap penwaran-penawaran produk
2.Sensitif terhadap harga
3.Sensitif terhadap kualitas
4.Menuntut jaminan atau garansi atas produk
5.Menuntut teknik penyajian halaman web yang secara kognitif

Memperkenalkan Situs Secara On-line
1.Manfaatkan e-Mail secara efektif
2. Letakkanlah Uniform Resource Location(URL) dari situs tersebut di berbagai Search Engine
3.Buatlah sesuatu yang berkesan pada situs tersebut
4.Mengadakan kerjasama

Memperkenalkan Situs secara off-line
1.Tabloid atau majalah
2.Jurnal
3.Koran
4.Spanduk atau billboard

Strategi untuk menghadapi kompetisi
1.Cost Leadership Strategy
2.Differentiation Strategy
3.Focus Strategy
4.Growth Strategy
5.Alliance Strategy
6.Inovation strategy
7.Internal efficiency Strategy
8.Costumer Oriented Strategy


Tidak ada komentar:

Posting Komentar