Statistika adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang pengumpulan, pengolahan, penyajian, penafsiran data dan mengambil kesimpulan dari data tersebut.
Statistika terbgi 2:
Statistika matematik
Statistika terapan
Data
Data adlah suatu himpunan dari serangkaian pengamatan atau catatan atau observasi
Macam-macam bentuk data:
Data kuantitatif (bilangan)
Data kualitatif (symbol/atribut)
Data kuantitatif terbagi 2:
Diskrit (1, 2, 3, 4)
Kontinu (mengukur tinggi/berat badan)
Berdasarkan sumber data:
Data intern (data yang diperoleh dari dalam instansi)
Data ekstern (data yang diperoleh dari luar instansi)
Berdasarkan tingkat pengukurannya:
Data nominal = tidak dapat dioperasikan dalam bentuk mm, data ini termasuk kedalam data kualitatif
Data ordinal = membedakan yang baik dan yang buruk data ini termasuk data kualitatif
Data interval = data ini dapat diperoleh dari hasil pengukuran. Cth: air mendidih pada 100C
Tidak mempunyai 0 mutlak
Data ini termasuk kedalam data kuantitatif
Data rasio = data ini termasuk data kualitatif. Cth: gad a mahasiswa yang dating kekampus dengan kaki ayam. Mempunyai 0 mutlak
cara untuk mendapatkan data
Obsevasi
Angket
Wawancara
Mengadakan percobaan dan mencatat data yang muncul dari percobaan itu
Penyajian data
Dengan table
Dengan diagram/grafik
Diagram grafik dibagi atas
Diagram batang
Diagramgaris
Diagram lambing
Diagram lingkaran
Diagram peta
Diagram pencar/titik
Untuk menggambar diagram batang diperlukan:
Sumbu mendatar
Sumtu tegak
Skala pada kedua sumbu diatas
Untuk menggambar diagram lingkaran
Diagram lingkaran terdiri dari sebuah lingkaran yang dibagi-bagi atas sector-sektor. Tiap sector menyatakan data. Luas setiap sector tergantung dari besarnya proporsi sutatu data terhadap keseluruhan data yang ada.
Table distribusi frekuensi
Cara membuat table distribusi frekuensi
Tentukan rentang( rentang = data terbesar-data terkecil)
Menentukan banyak kelas dengan menggunakan rumus “sturges” 1+(3,3)log N
Menentukan panjang kelas interval = rentang : banyak kelas interval
Menentukan ujung bawah kelas interval dengan mengambil data terkecil
Contoh:
Berikut ini adalah hasil ujian dari 30 orang.
60, 55, 61, 72, 59, 49
57, 65, 78, 66, 40, 52
42, 47, 50, 65, 74, 68
88, 68, 90, 63, 79, 59
87, 65, 85, 98, 81, 69
Buatlah table distribusi frekuensinya!
Jwb :
Rentang = 98-40=58
Banyak kelas = 1+(3,3)log 30
= 1+(3,3)1,477
= 1+4,847=5,874=6
Ujung bawah = 40
Kelas pertama
b. Median, Kuartil, Desil dan Persentil untuk Grouped Data
· Nilainya merupakan pendekatan
b.1. Median
Median ® Nilai yang membagi gugus data yang telah tersortir (ascending)
menjadi 2 bagian yang sama besar
Letak Median = n : banyak data
Kelas Median : Kelas di mana Median berada
Kelas Median didapatkan dengan membandingkan Letak Median dengan Frekuensi Kumulatif
Median = TBB Kelas Median + i
atau
Median = TBA Kelas Median - i
di mana : TBB : Tepi Batas Bawah
s : selisih antara Letak Median dengan Frekuensi Kumulatif
sebelum kelas Median
TBA : Tepi Batas Atas
s’ : selisih antara Letak Median dengan Frekuensi Kumulatif
sampai kelas Median
i : interval kelas
f M : Frekuensi kelas Median
Contoh 3 : Kelas Median
Kelas | Frekuensi | Frek. Kumulatif |
16 - 23 | 10 | 10 |
24 - 31 | 17 | 27 |
32 - 39 | 7 | 34 |
40 - 47 | 10 | 44 |
48 - 55 | 3 | 47 |
56 - 63 | 3 | 50 |
S | 50 | ---- |
interval = i = 8
Letak Median = = = 25
Median = Data ke-25 terletak di kelas 24-31
\Kelas Median = 24 - 31
TBB Kelas Median = 23.5 dan TBA Kelas Median = 31.5
f M = 17
Frek. Kumulatif sebelum Kelas Median = 10 ® s = 25 - 10 = 15
Frek. Kumulatif sampai Kelas Median = 27 ® s’ = 27 - 25 = 2
Median = TBB Kelas Median + i
= 23.5 + 8 = 23.5 + 8 (0.8823...)
= 23.5 + 7.0588... = 30.5588... » 30.6
Median = TBA Kelas Median - i
= 31.5 - 8 = 31.5 - 8 (0.1176...)
= 31.5 - 0.9411.. = 30.5588... » 30.6
b.2 Kuartil
Kuartil ® Nilai yang membagi gugus data yang telah tersortir (ascending)
menjadi 4 bagian yang sama besar
Letak Kuartil ke-1 =
Letak Kuartil ke-2 = = ® Letak Median
Letak Kuartil ke-3 = n : banyak data
Kelas Kuartil ke-q : Kelas di mana Kuartil ke-q berada
Kelas Kuartil ke-q didapatkan dengan membandingkan Letak Kuartil ke-q dengan Frekuensi Kumulatif
Kuartil ke-q = TBB Kelas Kuartil ke-q + i
atau
Kuartil ke-q = TBA Kelas Kuartil ke-q - i
q : 1,2 dan 3
di mana : TBB : Tepi Batas Bawah
s : selisih antara Letak Kuartil ke-q dengan Frekuensi Kumulatif
sebelum kelas Kuartil ke-q
TBA : Tepi Batas Atas
s’ : selisih antara Letak Kuartil ke-q dengan Frekuensi Kumulatif
sampai kelas Kuartil ke-q
i : interval kelas
f Q : Frekuensi kelas Kuartil ke-q
Contoh 4 : Tentukan Kuartil ke-3
Kelas | Frekuensi | Frek. Kumulatif |
16 - 23 | 10 | 10 |
24 - 31 | 17 | 27 |
32 - 39 | 7 | 34 |
40 - 47 | 10 | 44 |
48 - 55 | 3 | 47 |
56 - 63 | 3 | 50 |
S | 50 | ---- |
Kelas Kuartil ke-3
interval = i = 8
Letak Kuartil ke-3 = = = 37.5
Kuartil ke-3 = Data ke-37.5 terletak di kelas 40 - 47
\Kelas Kuartil ke-3 = 40 - 47
TBB Kelas Kuartil ke-3 = 39.5 dan TBA Kelas Kuartil ke-3 = 47.5
f Q = 10
Frek. Kumulatif sebelum Kelas Kuartil ke-3 = 34 ® s = 37.5 - 34 = 3.5
Frek. Kumulatif sampai Kelas Kuartil ke-3 = 44 ® s’ = 44 - 37.5 = 6.5
Kuartil ke-3 = TBB Kelas Kuartil ke-3 + i
= 39.5 + 8 = 39.5 + 8 (0.35)
= 39.5 + 2.8 = 42.3
Kuartil ke-3 = TBA Kelas Kuartil ke-3 - i
= 47.5 - 8 = 47.5 - 8 ( 0.65)
= 47.5 - 5.2 = 42.3
b.3 Desil
Desil ® Nilai yang membagi gugus data yang telah tersortir (ascending)
menjadi 10 bagian yang sama besar
Letak Desil ke-1 =
Letak Desil ke-5 = = ® Letak Median
Letak Desil ke-9 = n : banyak data
Kelas Desil ke-d : Kelas di mana Desil ke-d berada
Kelas Desil ke-d didapatkan dengan membandingkan Letak Desil ke-d dengan Frekuensi Kumulatif
Desil ke-d = TBB Kelas Desil ke-d + i
atau
Desil ke-d = TBA Kelas Desil ke-q - i
d : 1,2,3...9
di mana : TBB : Tepi Batas Bawah
s : selisih antara Letak Desil ke-d dengan Frekuensi Kumulatif
sebelum kelas Desil ke-d
TBA : Tepi Batas Atas
s’ : selisih antara Letak Desil ke-d dengan Frekuensi Kumulatif
sampai kelas Desil ke-d
i : interval kelas
f D : Frekuensi kelas Desil ke-d
Contoh 5: Tentukan Desil ke-9
Kelas | Frekuensi | Frek. Kumulatif |
16 - 23 | 10 | 10 |
24 - 31 | 17 | 27 |
32 - 39 | 7 | 34 |
40 - 47 | 10 | 44 |
48 - 55 | 3 | 47 |
56 - 63 | 3 | 50 |
S | 50 | ---- |
Kelas Desil ke-9
interval = i = 8
Letak Desil ke-9 = = = 45
Desil ke-9 = Data ke-45 terletak di kelas 48 - 55
\Kelas Desil ke-9 = 48 - 55
TBB Kelas Desil ke-9 = 47.5 dan TBA Kelas Desil ke-9 = 55.5
f D = 3
Frek. Kumulatif sebelum Kelas Desil ke-9 = 44 ® s = 45 - 44 = 1
Frek. Kumulatif sampai Kelas Desil ke-9 = 47 ® s’ = 47 - 45 = 2
Desil ke-9 = TBB Kelas Desil ke-9 + i
= 47.5 + 8 = 47.5 + 8 (0.333...)
= 47.5 + 2.66... = 50.166...
Desil ke-9 = TBA Kelas Desil ke-9 - i
= 55.5 - 8 = 47.5 - 8 ( 0.666...)
= 55.5 -5.33... = 50.166...
b.4 Persentil
Persentil ® Nilai yang membagi gugus data yang telah tersortir (ascending)
menjadi 100 bagian yang sama besar
Letak Persentil ke-1 =
Letak Persentil ke-50 = = ® Letak Median
Letak Persentil ke-99 = n : banyak data
Kelas Persentil ke-p : Kelas di mana Persentil ke-p berada
Kelas Persentil ke-p didapatkan dengan membandingkan Letak Persentil ke-p dengan Frekuensi Kumulatif
Persentil ke-p = TBB Kelas Persentil ke-p + i
atau
Persentil ke-p = TBA Kelas Persentil ke-p - i
p : 1,2,3...99
di mana : TBB : Tepi Batas Bawah
s : selisih antara Letak Persentil ke-p dengan Frekuensi
Kumulatif sebelum kelas Persentil ke-p
TBA : Tepi Batas Atas
s’ : selisih antara Letak Persentil ke-p dengan Frekuensi
Kumulatif sampai kelas Persentil ke-p
i : interval kelas
f P : Frekuensi kelas Persentil ke-p
Contoh 6: Tentukan Persentil ke-56
Kelas | Frekuensi | Frek. Kumulatif |
16 - 23 | 10 | 10 |
24 - 31 | 17 | 27 |
32 - 39 | 7 | 34 |
40 - 47 | 10 | 44 |
48 - 55 | 3 | 47 |
56 - 63 | 3 | 50 |
S | 50 | ---- |
Kelas Persentil ke-56
interval = i = 8
Letak Persentil ke-56 = = = 28
Persentil ke-56 = Data ke-28 terletak di kelas 32 - 39
\Kelas Persentil ke-56 = 32 - 39
TBB Kelas Persentil ke-56 = 31.5 dan TBA Kelas Persentil ke-56 = 39.5
f P = 7
Frek. Kumulatif sebelum Kelas Persentil ke-56 = 27 ® s = 28 - 27 = 1
Frek. Kumulatif sampai Kelas Persentil ke-56 = 34 ® s’ = 34 - 28 = 6
Persentil ke-26 = TBB Kelas Persentil ke-56 + i
= 31.5 + 8 = 31.5 + 8 (0.142...)
= 31.5 + 1.142.. = 32.642...
Persentil ke-26 = TBA Kelas Persentil ke-56 - i
= 39.5 - 8 = 39.5 - 8 (0.857...)
= 39.5 - 6.857... = 32.642...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar